6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Manager Baru Barcelona Quique Setien

Quique Setien Diperkenalkan Sebagai Manager Baru Barcelona
Quique Setien Diperkenalkan Sebagai Manager Baru Barcelona
Quique Setien Diperkenalkan Sebagai Manager Baru Barcelona

Manager Baru Barcelona Quique Setien Ditunjuk Sebagai Juru Taktik Baru Tim Catalan.

Terpilihnya manager baru Barcelona Quique Setien menggantikan Ernesto Valverde memang merupakan hal yang tidak terpikirkan oleh fans Blaugrana sebelumnya, namun penunjukan pelatih baru rasanya dibutuhkan Barcelona demi menaikan kembali rasa kepercayaan diri dan mengembalikan konsistensi permainan. Namun menariknya ditunjuk nama Quique menggantikan kursi kepelatihan, yang notabene nama ini jarang terdengar di kalangan penikmat sepakbola sebelumnya.

Berikut Duniabola8 paparkan 7 hal menarik yang harus kami ketahui mengenai mantan manager Real Betis ini.

Karir Professional Quique Setien

Quique Setien memiliki karier sepakbola yang lebih tidak terlalu banyak mendapatkan ekspos media dibandingkan dengan beberapa pelatih Barcelona terdahulu. Cukup adil, – karena sebelumnya dia bersaing dengan Cruyff dan Rijkaard di barisan tersebut – tetapi Setien adalah sosok sentral di Racing Santander, bermain lebih dari 300 caps untuk klub masa kecilnya dan Dia berhasil membawa Spanyol menuju Piala Dunia 1986, tetapi faktanya sang pemain lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Seperti halnya Guardiola, Setien adalah gelandang tengah di masa mudanya. Dijuluki ‘El Maestro’, Cantabria adalah pengendali permainan di lapangan tengah, dan mampu mewujudkan kepindahan ke Atletico Madrid pada tahun 1985.

 

Pengaruh Besar

Setien tidak diragukan lagi dan bisa dikatakan cocok untuk pekerjaan melatih Barcelona dikarenakan kekagumannya pada sosok Cruyff. “Saya ingat ketika Johan Cruyff’s datang,” kenang Setien. “Anda bermain melawan mereka, dan Anda menghabiskan seluruh pertandingan hanya mengejar bola. Bagaimana Anda bisa memainkan bola dari kaki ke kaki, sehingga lawan harus mengejarnya selama pertandingan? ” Dia penggemar berat murid Cruyff dan juga Pep Guardiola, dan merasa bahwa bos City tersebut adalah “referensi bagi ribuan pelatih di seluruh dunia.” Tidak mengejutkan, dia mengakui bahwa dia bukanlah penggemar gaya Diego Simeone yang lebih keras dan lebih konservatif. “Aku mengatakan itu pada Cholo,” Setien pernah berkata. “Saya suka apa yang Anda lakukan, gelar, apa yang telah Anda capai … tapi saya tidak suka bagaimana tim Anda bermain.”

 

Penggemar Leo Messi

Pelatih baru Barca menyebut Messi “pemain terbaik dalam sejarah”, sehingga dipastikan pemain Argentina itu akan menjadi bagian besar dari rencana Setien (hal ini sama sekali tidak diragukan). “Ketika seorang pemain seperti Xavi pensiun, seolah-olah organ vital tim ini harus dikeluarkan,” Setien pernah mengklaim. “Dan pada hari Messi pensiun, aku akan menangis selamanya.”

Katakan dengan catur Anda Tampaknya aneh untuk memikirkan manajer sepakbola mana pun yang memiliki banyak hobi di luar taktik taktis tim mereka, tetapi Setien sebelumnya bermain dalam kariernya. Seorang pecinta catur yang besar, El Maestro tidak hanya mencoba-coba, ia bermain melawan juara dunia Garry Kasparov dan Anatoly Karpov. Setien mengklaim bahwa catur sangat penting baginya dalam memahami kesabaran dan kontrol dalam olahraga, dan itu memberi makan sepak bola. Tim-timnya memiliki gerakan dan otomatisme khusus di lapangan – seolah-olah dia melihat permainan seperti papan catur raksasa – dan memberi pelatih kecenderungannya untuk tetap selangkah di depan lawannya.

Hobby Bermain Catur

Tampaknya aneh untuk seorang manajer sepakbola untuk memiliki banyak hobi di luar adalah hal yang tidak wajar, tetapi Setien sebelumnya adalah seorang pecatur professional. Setien seorang pecinta catur, El Maestro tidak hanya mencoba-coba permainan ini, ia bermain melawan juara dunia Garry Kasparov dan Anatoly Karpov. Setien mengatakan bahwa catur sangat penting baginya dalam memahami kesabaran dan kontrol dalam olahraga. Seolah-olah Setien melihat permainan seperti papan catur raksasa – dan memberi pelatih langkah-langkah yang dapat membuat timnya satu langkah lebih maju dari lawannya.

 

Busquets Salah Satu Fans Nya

Lebih dari setahun yang lalu, menjelang laga antara tim Real Betis menghadapi Barcelona, ​​Cantabria meminta jersey Sergio Busquets. Busquets bahkan menandatanganinya dengan “Untuk Quique, demi penghargaan dan kekaguman atas cara Anda memahami sepakbola. Sebuah pelukan.”

Sosok Sederhana Dan Tulus

Dimana Ernesto Valverde justru dipandang sebagai seorang yang pragmatis , Filosofi Quique Setien dibentuk oleh keinginannya untuk mengendalikan permainan, dengan mengatakan “Saya mengerti sepak bola melalui bola”.

Pelatih ini juga tidak terlalu banyak membuat sensasi, dan terlihal lebih tenang dengan pemikiran yang fokus hanya tertuju untuk Sepakbola.

Setien menyukai formasi 3-4-2-1 dan 4-3-3 saat di Real Betis, yang seharusnya menjadi hal yang harus ia bawa ke Camp Nou. Sepak bolanya di klub yang berbasis di Sevila itu dilihat sebagai hal yang memiliki resiko tinggi tetapi jika dimainkan dengan baik akan membawa sesuau perubahan yang nyata.

Dia sangat menyukai untuk membangun sebuah serangan dimulai dari belakang, dimana pemain tengah harus turun menjemput bola sebelum membangun sebuah serangan yang mematikan. Peran ini sepertinya akan diambil alih oleh Busquets atau rekrutan baru Frenkie De Jong, namun pemain seperti Junior Firpo juga dapat menjadi kunci kesuksesan revolusi ini.

source : four four two

Leave a Reply